Senin, 15 Oktober 2012

PSIKOLOGI KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN



PSIKOLOGI KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN

Psikologi konsumen berkenaan dengan hubungan antara pencipta suatu produk dan peluang penggunaannya oleh individu dengan proses. Dan  dapat berkemauan karenanya terjadi proses mental yang sifatnya abstrak di dalam dirinya.
psikologi konsumen merupakan bagian dalam bidang psikologi industri dan organisasi yang sinergi dengan bidang ekonomi.dan pula psikologi konsumen berakar pada psikologi periklanan dan penjualan.konsumen juga dapat mempunyai istilah seperti pembeli dan konsumensebagai konsumen.berjualanadalah membujuk dan menyakinkan orang lain untuk menerima dan melakukan hal-hal yang disampaikanoleh penjual.iklan mem[unyai fungsi-fungsi yang berbagaiganda :fungsi informasi dan fungsi persuasif.
Penelitian sikap konsumen terhadap produk atau pelayanan dapat dilakukan dengan penilaian.pembagian pasar psikologis mengabungkan antara kepribadian dan gaya hidup pemakai produk, media, dan jasa.psikologi mempunyai konsumen yang dilihat dari :
a.perilaku konsumen dalam sudut pandang psikologis
perilaku konsumen akan dilihatkan dalam beberapa tahap yaitu: tahap sebelum pembelian , pembelian, dan setelah pembelian.di semua tahap itu banyak mempunyai definis yang melakukan konsumsi ,evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
Perilaku konsumen terkait dengan strategi pemasaran, dimana pemasaran harus mampu menyusun kriteria pembentukan konsumen.pemasaran menyusun dan mengimplementasi strategi bauran pemasaran yang tepat untuk segmen tersebut.
Didalam psikologi konsumen dalam melakukan konsumen yang pada masalah riset pemasaran . riset pemasaran adalah perangkat dalam sistem informasi manajemen yang melakukan pengumpulan informasi yang terdapat dalam motivasi, keinginan dan hal-hal yang terhadap konsumen. Dan dalam usaha pemasaran terdapat produk, promosi, harga, saluran distribusi.
Pendekatan yang dapat digunakan pemasaran:
Menggunakan stimulus dalam bentuk karakter ,seperti  permainan dan animasi yang perhatian konsumen pada iklan. Banyak kasus yang serupa pada penggunaan warna hitam dan karakter.
Hal yang perlu dihindari oleh pemasaran adalah penggunaan dua pendekatan diatas untuk produk yang tidak memiliki hubungan apapun dengan karakter produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar